INFORMASI :

SELAMAT DATANG di WEBSITE PEMERINTAH DESA BANJAREJA KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN 

Sambut Agustus Lebih Bersih, Mahasiswa UIN Saizu Adakan Seminar Pengelolaan Sampah di Aula Desa Banjareja

Sambut Agustus Lebih Bersih, Mahasiswa UIN Saizu Adakan Seminar Pengelolaan Sampah di Aula Desa Banjareja

Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto yang sedang melaksanakan KKN di Desa Banjareja Kuwarasan pada Kamis (1/8/2024) mengadakan Proker Unggulan berupa seminar pengelolaan sampah dan dampak sampah bagi kesehatan, hal ini dilaksanakan karena adanya keresahan bagi sebagian warga di desa Banjareja berkenaan sampah.

"Masyarakat itu biasanya membuang sampah di sungai, ada juga yang biasanya dibakar, hal ini tentunya membuat limbahnya belum bisa diatasi secara maksimal" demikian ujar Bapak Eko Yulianto selaku Kepada Desa Banjareja dalam sambutannya.

Sementara Heri Kurniawan, S.T selaku pemateri pertama dari Puskesmas Kuwarasan menyampaikan bahwa  sampah itu bermacam-macam dan pengelolaannya, serta resikonya juga berbeda. "Jika salah dalam mengolah sampah, hal ini akan merugikan kita," Lebih lanjut Kurniawan juga menyampaikan beberapa solusi dalam mengolah sampah. Contohnya dengan melalui pembuatan kompos dari sampah organik dan pembuatan kerajinan dari sampah plastik. Juga pembuatan bank sampah bagi desa.

Pemateri kedua diisi oleh tokoh masyarakat yaitu Kyai Abdul Hamid. Beliau memberikan pencerahan tentang sampah dari sudut pandang agama Islam, kemudian dilanjutkan penjelasan program kerja bank sampah oleh rekan KKN Akhmad Alfiatul Amal.

Kegiatan ini diikuti oleh segenap masyarakat Banjareja, para Ketua RT dan RW, serta para kader ibu-ibu Desa Banjareja. Dalam acara tersebut, Eko Yulianto dan Para Kepala Dusun Banjareja memberikan respon yang sangat positif pada kegiatan ini. Salah satunya seperti disampaikan Kepala Wilayah IV Dukuh Pacor 01, Rusydi. "Saya sangat mengapresiasi adanya seminar ini, harapannya nanti Desa Banjareja dapat menjadi desa yang maju akan pengelolaan sampahnya," demikian papar Rusydi. (Amal).

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter