INFORMASI :

SELAMAT DATANG di WEBSITE PEMERINTAH DESA BANJAREJA KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN 

Mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto Ikuti MUSDES Banjareja Guna Memahami Potensi dan Rencana Pembangunan Desa Tahun 2025

Mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto Ikuti MUSDES Banjareja Guna Memahami Potensi dan Rencana Pembangunan Desa Tahun 2025

Mahasiswa KKN UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN Saizu) mengikuti Musyawarah Desa pada Kamis (01/08/2024) di Aula Balai Desa Banjareja. Hal ini dilakukan untuk memahami potensi dan kondisi desa dalam perencanaan pembangunan desa, khususnya Desa Banjareja, Kecamatan Kuwarasan yang baru-baru ini meraih peringkat ke-4 dalam evaluasi taraf pembangunan desa se-Kecamatan Kuwarasan.

Pencapaian ini menjadi cerminan dari komitmen dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur dan kualitas hidup masyarakat setempat. Rencana pembangunan yang kini tengah disusun untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi desa dalam peringkat pembangunan di masa depan.

Dalam evaluasi realisasi Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024, Kepala Desa Banjareja menunjukkan kemajuan signifikan di berbagai sektor, termasuk infrastruktur dan pelayanan publik. Masyarakat desa menyambut baik pencapaian ini dan berharap agar pemerintah desa terus fokus pada peningkatan kualitas jalan, penyediaan fasilitas kesehatan, dan program pemberdayaan ekonomi. Beberapa saran dari warga mencakup perlunya transparansi dalam penggunaan anggaran dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan untuk memastikan bahwa kebutuhan semua pihak dapat terakomodasi dengan baik.

“Perencanaan pembangunan ini merupakan sebuah kebutuhan mendesak yang muncul dari aspirasi masyarakat di desa. Dengan perencanaan yang matang, kita tidak hanya berupaya untuk memecahkan berbagai masalah yang ada, tetapi juga memastikan kemajuan yang berkelanjutan. Jika hari ini kita gagal dalam merencanakan, sama saja kita merencanakan untuk gagal di masa depan,” ujar Habib yang mewakili Camat Kecamatan Kuwarasan.

“Rencana pembangunan ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan desa. Dengan implementasi yang efektif, kita berharap desa dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih optimal. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memastikan bahwa setiap rencana yang dibuat benar-benar membawa manfaat dan kemajuan bagi seluruh warga desa,” demikian tambah Ketua BPD Banjareja, Tri Atmoko Yuni Hartono.

Kegiatan evaluasi dan perencanaan ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Desa Banjareja. Implementasi dari rencana ini akan berlangsung di lokasi desa dan diharapkan dapat memenuhi ekspektasi masyarakat serta memperbaiki kualitas hidup di desa. (Ardi)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter