INFORMASI :

SELAMAT DATANG di WEBSITE PEMERINTAH DESA BANJAREJA KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN 

Mahasiswa KKN UIN Saizu Antusias Ikuti Acara Suran Di Desa Banjareja

Mahasiswa KKN UIN Saizu Antusias Ikuti Acara Suran Di Desa Banjareja

Bulan Muharram merupakan bulan yang memiliki keistimewaan. Berbagai acara seperti tasyakuran, sedekah dan beberapa kegiatan lain biasanya banyak dilakukan di bulan ini. Salah satunya seperti yang dilakukan di Dukuh Pacor 01 RW 04 di rumah Suhadi yang merupakan Ketua RT 02 di dukuh tersebut.

Pada bulan Muharram atau Sura tahun ini, segenap warga RT 02 RW 04 melaksanakan acara tasyakkuran atau kenduren yang dilaksanakan di rumah Suhadi. Kegiatan berupa silaturrahmi dan doa bersama ini juga melibatkan mahasiswa UIN Saizu yang sedang melaksanakan KKN di Desa Banjareja.

Saat dikonfirmasi, Suhadi mengatakan bahwa, kegiatan kenduren tersebut merupakan perwujudan rasa syukur kepada Allah karena telah memberikan rezeki kepada warga khususnya di RT 02. “Nah, karena kebetulan ada mahasiswa KKN di desa, jadi kami ajak sekalian panjenengan ini supaya memahami dan mengetahui adat yang ada di desa ini,” kata Suhadi.

Kegiatan serupa yang diikuti oleh mahasiswa KKN tidak hanya di RW 04 melainkan juga di RW 5 dan juga RW 2. Eko Yulianto selaku Kepala Desa Banjareja memberikan kesan positif terhadap para mahasiswa KKN, karena mau berbaur dengan masyarakat, dan belajar tentang adat istiadatnya.

Kegiatan tasyakuran atau ada yang menyebut sedekah bumi ini sangat bagus karena dapat meningkatkan gotong royong, Dan bagi mahasiswa, hal ini sangat cocok untuk menjadi pengalaman di masyarakat nanti, ujar Eko.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter